Lho, rata-ratanya lebih tinggi loh ketimbang…
“Pelanggan yang melakukan pembelian lewat lebih dari satu kanal memiliki rata-rata lebih tinggi ketimbang yang hanya dari satu kanal.”
Pemasaran Omnichannel
Ada sebuah email masuk dari perusahaan yang menyediakan jasa pemasaran. Dalam email itu ada lampiran presentasi yang isinya analisis data yang berusaha membuktikan jika jasa pemasaran multi kanal mereka memberi dampak signifikan dalam meningkatkan penjualan. “Pelanggan yang melakukan pembelian lewat lebih dari satu kanal memiliki rata-rata lebih tinggi ketimbang yang hanya dari satu kanal,” kata presentasi itu. Tulisan ini berusaha menyingkap apa yang sebenarnya dikatakan oleh data semacam itu: https://blog.minethatdata.com/2015/07/the-omnichannel-customer-value-query.html.
Pengambilan kesimpulan kausal (lagi)
Di terbitan sebelumnya, saya sudah membahas sedikit tentang hambatan untuk melakukan eksperimen A/B dan salah satu cara mengatasinya dengan cara melakukan analisis kontrafaktual. Tak jauh-jauh dari topik itu, tulisan dari manajer analitika di Capital One, Emily Reiderer, ini membahas tentang cara mengatasi hambatan-hambatan yang ada dan mengukur dampak sebab akibat menggunakan data observasional. Bisa dibaca di sini: https://emilyriederer.netlify.app/post/causal-design-patterns/.
Analisis survival
Metode ini dapat dipakai untuk menganalisis data retention rate. Bagi pengguna R, postingan dari Exploratory ini akan membantu: https://blog.exploratory.io/introduction-to-survival-analysis-part-1-survival-curve-9364ea642114 dan https://blog.exploratory.io/introduction-to-survival-analysis-part-2-survival-model-cox-regression-47a170eacf5d#.appwk09fo. Jika susah mengingat tentang retention rate, silakan buka kembali nawala Analitix terbitan pertama.
Strategi perusahaan
Saya nemu dokumen dari Financial Times tentang strategi mereka untuk mencapai € 10 juta pendapatan dari pelanggan di 2024. Dokumen ini membahas bagaimana posisi mereka di pasar, apa saja tantangan yang ada, dan penyusunan kerangka kerja, semacam OKR, yang mereka pakai. Dokumen itu bisa diakses di sini: https://phantom-ft.s3.amazonaws.com/ft-strategies/documents/FT_Towards_Your_North_Star.pdf.
Utas ini mesti dibaca
Ada permasalahan metodologi yang muncul dalam studi observasional dari keefektifan vaksin. Utas ini, buat saya setidaknya, lebih mencerahkan ketimbang kuliah metodologi penelitian kuantitatif selama satu semester. Baca: https://twitter.com/_MiguelHernan/status/1364700315044438023?s=20.
1/
— Miguel Hernán (@_MiguelHernan) February 24, 2021
We've just confirmed the effectiveness of the Pfizer-BioNTech vaccine outside of randomized trials.
Details @NEJM: https://t.co/POgXK8owvM
Yes, great news, but let's talk about methodological issues that arise when using #observational data to estimate vaccine effectiveness.